Monday, July 1, 2013

Wamenhan promosikan industri pertahanan ke Afrika

Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro (kanan) bersama Menristek Gusti Muhammad Hatta mengamati produk pertahanan saat pameran industri pertahanan bertajuk "Indo Defence, Indo Aerospace and Indo Marine 2012 Expo and Forum" ke-5 di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat. (FOTO ANTARA/ Wahyu Putro A)

Dubai -Wakil Menteri Pertahanan Sjafrie Sjamsoeddin melakukan safari promosi industri pertahanan ke sejumlah negara di Afrika seperti Uganda, Kenya dan Senegal.

Sjafrie bertolak ke Afika dari Bandara Soekarno- Hatta Jakarta, Senin dan transit di Dubai, Senin pagi. Wamenhan antara lain didampingi Dirjen Strategi Pertahanan Mayjen TNI Sonny ES Prasetyo dan Direktur Produk Manufaktur PT Pindad Tri Hardjono.

Menurut Sjafrie, lawatannya atau blusukanya ke Afrika untuk kerja sama pertahanan antarpemerintah yang nantiya ditindaklanjuti dari bisnis ke bisnis.

"Kita harus proaktif mencari pasar termasuk ke Afrika. Kunjungan ini merupakan upaya untuk mempromosikan produk industri pertahanan nasional," katanya.

Dipilihnya Uganda karena hubungan dekat Sjafrie dengan Menteri Pertahanan Uganda Kiyonga Crispus.

"Sewaktu saya berkunjung ke Afrika sebelumnya saya ketemu Menhan Crispus yang punya ketertarikan dengan produk pertahanan kita," katanya.

Dari minat tersebut, Sjafrie kemudian membawa pejabat dari PT Pindad dan juga PT Dirgantara Indonesia untuk menindaklanjuti pada kunjungan kali ini.

Yang dipromosikan Sjafrie ke Uganda, Kenya dan Senegal berupa peralatan tempur dan nontempur, misalnya saja rompi dan helm prajurit yang sudah mendapat standardisasi PBB.

Begitu juga senjata produk PT Pindad yang terkenal handal dan akurat. "Prajurit kita sering memenangi lomba menembak. Artinya senjata buatan nasional bisa diandalkan," katanya. (Antara).

No comments: