Saturday, July 27, 2013

Peluncuran Hakteknas 2013 Angkat Teknologi Militer


Jakarta - 'Soft launching' peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) 2013 yang dibuka resmi hari ini banyak mengangkat teknologi kedirgantaraan dan hankam. 

"Hakteknas tiap tahunnya selalu berbeda temanya. Kalau tahun lalu mengangkat teknologi mobil listrik, maka tahun ini mengangkat teknologi kedirgantaraan dan hankam," ujar Menristek Gusti Muhammad Hatta di Jakarta, Senin (24/6).

Ia menambahkan bahwa Hakteknas kali ini sudah mencapai gelarannya ke-18, dan pada 'soft-launching' ini digelar Pameran dan Peluncuran Produk Teknologi Hankam dan Kedirgantaraan.

Beberapa produk dari Ristek maupun BUMN yang dipamerkan antara lain adalah: Satelit LAPAN A2, Roket RX-450, mobil Rantis Komodo 4x4, Sniper Rifle, Cloud Seeding Agent Club, Hexarotor dan Flying-Car.

Lalu beberapa teknologi kedirgantaraan di acara pameran jelang peringatan puncak Hakteknas 2013 adalah: Pesawat Udara Nir Awak (Wulung, Alap-alap, Sriti), Roket R HAN 122, dll.

"Beberapa teknologi di pameran ini ada yang masih dalam tahap join research, maupun join production. Namun salah satu tujuan utama kita adalah untuk meningkatkan kandungan lokal dari teknologi-teknologi ini dahulu," imbuh Gusti Muhammad Hatta.

Hakteknas diperingati semenjak penerbangan perdana pesawat N-250 karya IPTN pada 10 Agustus 1995.

Puncak peringatan akan dilaksanakan pada 27 Agustus sampai dengan 1 September 2013, di TMII, dengan berbagai rangkaian kegiatan seminar, Rakornas, Kanaval Iptek, serta Pameran Ritech Expo. [ikh]

No comments: