Saturday, March 23, 2013

Hebat, BUMN Bisa Ciptakan Kereta Tambang Super canggih Tanpa Masinis


Hebat, BUMN Bisa Ciptakan Kereta Tambang Super canggih Tanpa Masinis

Feby Dwi Sutianto - detikfinance
Kamis, 21/02/2013 16:17 WIB



Jakarta - PT Industri Kereta Api (INKA) siap meluncurkan produk kereta terbaru super canggih untuk keperluan angkutan tambang di seluruh Indonesia. BUMN produsen kereta ini menawarkan solusi angkutan tambang yang selama ini hanya bisa diangkut oleh truk-truk besar.

Nantinya, kereta api tanpa lokomotif ini bisa dikendalikan dari ruang pengendali jarak jauh. Selain itu kereta ini bisa mengangkut produk-produk tambang dalam jumlah besar dari pedalaman tanpa harus ada seorang masinis.

"Dikendalikan dari jarak jauh seperti roller coster di control room," tutur Direktur Utama INKA Agus H Purnomo kepada detikFinance, Kamis (21/2/2013).

Angkutan tambang moderen yang pertama ada di Indonesia tersebut, saat ini sedang dikembangkan oleh INKA. Nantinya, pengembangan kereta dengan penggerak listrik ini jauh lebih mudah dan murah, ketimbang investasi pengembangan infrastruktur kereta saat ini.

"Jalan kereta api ringan ini nggak seperti jalur kereta saat ini. Jauh sekali lebih mudah. Nantinya di bangun disebelahnya jalan pertambangan," tambahnya.

Salah satu keunggulan kereta yang dirancang di Madiun Jawa Timur ini yakni, 90% komponennya dibuat dan dirancang di Indonesia. Selain itu, kereta pertambangan penggerak listrik ini biasa dan umum dipergunakan pada pertambangan besar di luar negeri.

"Kontennya 80%-90% lokal. Penggeraknya nggak pakai lokomotif tapi pakai listrik," cetusnya.



(feb/dnl) 

No comments: