Saturday, March 23, 2013

Gaet Bombardier, INKA Siap Pasok Kereta KRL Jabodetabek


Gaet Bombardier, INKA Siap Pasok Kereta KRL Jabodetabek

Feby Dwi Sutianto - detikfinance
Sabtu, 02/03/2013 15:54 WIB




Jakarta - Badan Usaha Milik Negara (BUMN) produsen kereta, PT Industri Kereta Api (INKA) siap pasok kebutuhan gerbong KRL Commuter Line Jabodetabek. Hal ini menanggapi permintaan Menteri BUMN, Dahlan Iskan yang menyarankan KAI mulai tahun 2016 wajib menggunakan KRL asli produk Indonesia.

Untuk memenuhi kualifikasi yang ditetapkan oleh KAI, INKA menggandeng produsen kereta kelas dunia, Bombardier. Hal ini diungkapkan oleh Direktur Komersial INKA, Hendy Indratno Adji kepada detikFinance, Sabtu (2/3/2013).

"Memang produksi enggak pernah dilatih, membuat kemampuannya stagnan, kalau diberi kesempatan, kami siap di 2016," tutur Hendy.

Meskipun menggadeng Bombardier, KRL buatan INKA secara konten menggunakan 70% sampai 75% komponen yang dibuat di dalam negeri. Selain itu, dengan KRL yang diproduksi di dalam negeri bisa juga memberdayakan sumber daya di lokal dan menambah penciptaan lapangan kerja.

"Lokal kontennya tinggi 70%-75%, buatan putra-putri Indonesia sendiri," tambahnya.

KRL yang dibanderol seharga Rp 48 miliar per trainset (1 trainset terdiri dari 4 gerbong) ini, bisa tahan ketika menghadapi tegangan listrik naik turun. Hal ini biasa terjadi saat, jarak antar kereta sangat jam padat di pagi dan sore hari. 

Namun daya tahan seperti ini tidak ditemui oleh KRL bekas asal Jepang karena saat tegangan naik turun. Ujung-ujungnya, berdampak pada padamnya pendingin udara yang sering dikeluhkan oleh pengguna KRL.

"Kami rencana desain statistik inventor 1000-2000 volt DC. Kalau kereta Jepang enggak segitu (daya ketahanan terhadap naik turun tegangan)," cetusnya.



(feb/ang) 

No comments: