Saturday, March 16, 2013

PT DI serahkan 6 helikopter Bell-412 EP pesanan TNI AD

Reporter : Andrian Salam Wiyono

PT DI serahkan 6 helikopter Bell-412 EP pesanan TNI AD
Penyerahan helikopter Bell. ©2013 Merdeka.com

PT DI serahkan 6 helikopter Bell-412 EP pesanan TNI AD

Reporter : Andrian Salam Wiyono



Merdeka.com : PT Dirgantara Indonesia (DI) secara resmi menyerahkan enam unit Helikopter Bell-412 EP ke TNI AD. Enam Pesawat berkapasitas 13 penumpang ini diserahkan di Hanggar Rotary, Jalan Pajajaran, Bandung.

Serah terima ini langsung ditandatangani Direktur PT DI Budi Santoso, Kepala Barahanan Kemhan Laksamana Muda TNI Rachmad Lubis, untuk kemudian diserahkan ke Brigadir Jenderal Mochammad Afifuddin selaku pengguna.

Adapun penyerahan enam unit Helikopter Angkut Type Bell-412 EP didasarkan pada kontrak jual beli sebesar USD 65 juta dolar pada tahun ini antara Kementerian Pertahanan dengan PT DI dengan sumber dana dari fasilitas kredit ekspor TA 2009.

Direktur PT DI Budi Santoso berharap dengan penyerahan enam pesawat ini mampu membawa pengaruh besar untuk pertahanan Indonesia, khususnya TNI AD dalam mengemban tugasnya.

"Industri pertahanan ini bagian dari integral. Kami PT DI dengan kerja sama yang berkesinambungan dapat memiliki nilai kompetitif dan bersaing," katanya Jumat (15/3).

Dengan kerja sama ini, kata dia PT DI juga selalu berupaya memenuhi kebutuhan yang diminta untuk Indonesia. Disadari PT DI, kebutuhan alut sista bagi TNI akan terus meningkat. "Jadi kami selalu berupaya untuk memenuhi tuntutan yang dimitna," ujarnya.

Menurutnya TNI AD selama ini merupakan pengguna terbesar helikopter produksi PT DI. "Saya harap ke depan TNI AD tetap mempercayakan dan memprioritaskan pemenuhan kebutuhan," jelasnya.

Atas upaya itu juga semula yang di mana enam pesawat ditargetkan pada September mendatang, bisa dipenuhi hingga hari ini enam pesawat resmi diserah terima kan.

Laksamana Muda TNI Rachmad Lubis mengatakan dasar kerja sama yang berkesinambungan dengan PT DI bagian dari upaya pemerintah dan komitmen menggunakan produksi dalam negeri.

"Saat ini Jumlah Heli TNI AD ada 23 unit dengan ditambah tentu semakin memperkuat pertahanan. Saya yakin bahwa PT DI berupaya maksimal untuk produksi alutitsta. Bahkan PT DI membuktikan prestasinya," ungkapnya.

Helikopter type bell 412 EP ini sendiri merupakan helikopter serbaguna yang ditenagai oleh sepasang engine, pratt dan whitney PT6T-3D dengan empat bilah rotor utama dan dua bilah rotor ekor. Helikopter ini termasuk kelas menengah diawaki 2 pilot dan co pilot serta 13 penumpang.

Keandalannya dalam operasi baik di Indonesia maupun negara lain, Heli ini mampu melaksanakan misi militer juga penerbangan sipil, operasi SAR, dan pemadam kebakaran.
[bal]

No comments: