Thursday, February 14, 2013

Peluncuran 18 Inobus Produksi PT INKA untuk Transjakarta koridor 12 tahun 2013

Bus gandeng Buatan PT INKA. Lumayan bagus, dilengkapi dengan GPS, kamera CCTV dan on-board monitor.(admin : Gue heran, kenapa Trans Jakarta beberapa waktu lalu impor ratusan bus dari China padahal negara sendiri saja mampu membuat ?)

PT Industri Kereta Api ( INKA ) akan segera meluncurkan produk Articulated Bus atau bus gandeng terbaru pada pertengahan Januari 2013,  Inobus ini rencananya akan dioperasikan sebagai bagian dari armada Busway Transjakarta.  Sebelumnya PT INKA telah meluncurkan 21 unit Inobus yang telah lebih dulu melayani armada Busway Transjakarta di koridor 11. Direncanakan 18 unit ATC ini akan dioperasikan di koridor 12. Peresmian armada ini sendiri rencananya akan diresmikan oleh bapak Jokowi pada hari Selasa 15 Januari 2013.
Inobus ini mempunyai kapasitas 160 penumpang dengan 40 tempat duduk, dan dilengkapi dengan handgrip untuk penumpang berdiri. Inobus ini dilengkapi mesin Full dedicated CNG engine untuk otomotif dengan minimal standar emisi memenuhi  EPA / CARB certification (USA)  atau standar EURO III (Eropa). Mesin berkapasitas 9000 cc ini mempunyai power 285 Hp. Dengan menggunakan desain dan mesin tekhnologi baru Inobus ini mampu untuk lebih ramah lingkungan dan efisien dalam pengoperasiaanya. Inobus ini juga dilengkapi dengan kamera CCTV dan on-board monitor, alat pemadam kebakaran, perlengkapan P3K, dan GPS.
PT. INKA sendiri merupakan salah satu industry strategis yang bergerak di bidang transportasi. Selain core business dalam bidang manufaktur sarana kereta api; dengan produk – produk diantaranya Kereta Api Ekonomi AC, Kereta Api kelas Eksekutif, Kereta Rel Listrik, Kereta Rel Diesel dan Railbus;  PT. INKA juga telah memproduksi produk – produk transportasi lainnya, salah satu diantaranya adalah Inobus ini. Selain itu PT. INKA juga memproduksi tram yang telah di operasikan di Rasuna Epicentrum. PT. INKA juga telah merambah pasar luar negeri dengan mengekspor produk kereta ke Malaysia, Singapura, Bangladesh dan Negara – Negara lain.
Bagian dalam bus Trans jakarta buatan PT INKA.
Tampak dashboard Bus Trans Jakarta buatan PT INKA. Ada On-Board monitor canggih untuk memantau depan, belakang, dan di dalam bus panjang ini.
Tampak belakan bus Trans Jakarta buatan PT INKA- dilengkapi kamera CCTV dan GPS.

No comments: