Sunday, January 27, 2013

30 Mobil Listrik Produk Indonesia Tampil di APEC


Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan melambaikan tangan dari dalam mobil listrik Tucuxi ketika memulai uji pengendaraan (test ride), di Solo, Jateng, Sabtu (5/1). ANTARA/Andika Betha

30 Mobil Listrik Produk Indonesia Tampil di APEC  

TEMPO.COJakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara Dahlan Iskan menyiapkan 30 unit mobil listrik yang akan dioperasikan pada acaraAsia-Pacific Economic Cooperation (APEC)mendatang di Nusa Dua, Bali.

Berdasarkan perencanaan panitia APEC, mobil bensin dilarang beredar di sekitar lokasi APEC, kecuali mendapatkan izin. “Kita siapkan mobil listrik untuk beroperasi sekitar Nusa Dua, Bali," katanya kepada wartawan di Plaza Mandiri, Jakarta, Selasa, 22 Januari 2013.

Sebanyak 20 unit bus listrik dan 10 unit mobil listrik sekelas Alphard akan dipamerkan dan digunakan dalam acara APEC mendatang. Untuk pembuatan bus dan mobil sekelas Alphard tersebut, Dahlan mempercayakannya kepada Dasep Ahmadi, pencipta mobil listrik 'Ahmadi'.

Pada Mei mendatang, pabrik baterai pendukung mobil listrik buatan Dasep itu akan siap memproduksi 20 unit baterai per hari. PT Nipress Tbk menyiapkan pabrik senilai Rp 15 miliar untuk memproduksi baterai litium bagi mobil listrik.

Dahlan mengatakan, kepala negara yang datang pada perhelatan APEC diperbolehkan membawa mobil dinas berbahan bakar bensin untuk kebutuhan mereka selama berada di Nusa Dua, Bali.

FIONA PUTRI HASYIM

No comments: