Sunday, January 27, 2013

Dahlan Jajal Monorail Buatan Bekasi


Menteri BUMN Dahlan Iskan saat meninjau pabrik monorail di Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (26/1). Foto: ist


Dahlan Jajal Monorail Buatan Bekasi

Monorail dalam negeri lebih murah daripada impor.

ddd
Sabtu, 26 Januari 2013, 12:40Iwan Kurniawan

VIVAnews - Menteri BUMN, Dahlan Iskan mengunjungi PT Melu Bangun Wiweka, pabrik pembuatan monorail di Bekasi. Harga monorail buatan Indonesia ini jauh lebih murah dari harga monorail buatan luar negeri.

Kepala Humas Kementerian BUMN, Faisal Halimi, yang ikut mendampingi Dahlan Iskan, menjelaskan Dahlan mencoba naik monorail di display rel yang telah disiapkan.
Monorail tersebut mampu mengangkut 125 penumpang per gerbong dan dapat membawa 6 gerbong dalam satu perjalanan. Monorail ini dapat melaju hingga 80 kilometer per jam.

"Beliau hanya ingin menghargai potensi kemampuan anak bangsa yang sudah mampu mengembangkan tehnologi canggih seperti itu dan mampu bersaing dengan monorail dari luar," kata Kepala Humas Kementerian BUMN, Faisal Halimi kepada VIVAnews, Sabtu 26 Januari 2013.

Pimpinan Melu Bangun Wiweka, Tris, menyampaikan kepada Dahlan, pabriknya mampu membuat monorail lebih murah. Jika sebuah monorail impor membutuhkan investasi Rp200 miliar per kilometernya, maka monorail buatan Bekasi ini hanya mengeluarkan investasi Rp75-150 miliar per kilometernya.

"Agar Indonesia bisa maju, orang-orang seperti beliau itu perlu diberi kesempatan untuk mewujudkan mimpinya di negeri sendiri. Tahap pertama mungkin bisa juga menggandeng konsultan dari luar, yang penting mereka bisa mewujudkan keinginannya di negeri sendiri," kata Faisal mengulang ucapan Dahlan. (umi)
Sabtu, 26 Januari 2013 , 17:54:00

JAKARTA - Libur akhir pekan kali ini dimanfaatkan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan untuk meninjau pabrik di kawasan Bekasi, Jawa Barat. Salah satu yang dikunjungi Dahlan yaitu pabrik pembuat Monorail di Bekasi.

Tak hanya sekadar mengunjungi, menurut Kepala Bagian Humas BUMN Faisal Halimi, Dahlan juga sempat mencoba naik ke display rel. Monorail tersebut mampu mengangkut 125 penumpang per gerbong dan bisa membawa sekitar enam gerbong sekali jalan dengan kecepatan maksimal 80 Km/jam.

"Pak Dahlan termasuk kami, tadi mencoba naik ke jalan di display rel yang sudah disiapkan," ujar Faisal yang juga ikut dalam rombongan meninjau monorail Bekasi, Jawa Barat, pada JPNN, Sabtu (26/1).

Dikatakan Faisal bahwa kunjungan Dahlan ke Bekasi tak lain adalah karena Mantan Dirut PLN ini, ingin menghargai karya anak Bangsa. "Beliau (Dahlan) hanya ingin menghargai potensi anak bangsa, yang sudah mampu mengembangkan tekhnologi canggih seperti itu. Dan mampu bersaing dengan Monorail dari luar," papar Faisal menirukan apa yang disampaikan Dahlan.

Sedangkan menurut Tris, salah seorang Pimpinan Pabrik Monorail di Bekasi, mengungkapkan pada Dahlan jika di luar negeri untuk 1 Km di butuhkan sekitar Rp 200 miliar investasinya. "Tapi mereka (anak Bangsa-Red) malah untuk 1 Km nya mampu menghemat biaya dengan hanya dengan Rp 75 - 150 miliar saja," tutur Tris di tempat yang sama.

Sebelum meninggalkan lokasi, kata Faisal, Dahlan sempat menyambungkan pembicaraan via telephone dengan Dirut Adhi Karya Kiswodarmawan. Dalam pembicaraan tersebut, Dahlan meminta pihak Adhi Karya mau memberi peluang bagi anak Bangsa yang berpotensi untuk membuat Indonesia berbangga dengan hasil karya sendiri.

"Untuk Indonesia bisa maju, orang-orang seperti beliau itu perlu diberi kesempatan. Untuk mewujudkan mimpinya di negeri sendiri. Tahap pertama mungkin bisa juga menggandeng konsultan dari luar. Yang penting mereka bisa mewujudkan keinginannya di negeri sendiri," pungkas pria yang kerap mengenakan sepatu kets ini pada Kiswodarmawan. (chi/jpnn)


2015 Monorail Bekasi-Cibubur siap beroperasi

Posted By seragampurnama On 09 Dec 2012. Under Layananserba - serbi  Tags:  

Satu lagi proyek mahakarya di Jakarta garapan PT. Adhi Karya Tbk ini sudah dalam proses pematangan. Yaitu Monorail Bekasi-Cibubur, Monorail ini rencananya terentang sepanjang 57,4 km dari Semanggi hingga Cawang ini akan terpecah kearah Bekasi dan Cibubur.


f46dc27fac93cbdf7083decefd497092_monorail
Tentunya kita masih ingat dengan programMonorail yang digembar-gemborkan Sutiyoso. Juga yang sekarang lagi santer. Kali ini sangat berbeda, Karna proyek yang diperkirakan menelan dana sekitar Rp. 13,9 triliun ini sepenuhnya dari PT. Adhi Karya sendiri dan Pinjaman dari Bank.
Bahkan bukan hanya membangun Monorelsaja, Adhi Karya juga akan membangun infrastruktur pendukung lainnya sepertilapangan parkir yang luas di Cibubur dan Bekasi Timur. Jadi Warga Bogor tidak perlu membawa mobil sampai ke jakarta, dengan memarkir mobil di pintu keluar tol Cibubur dan melanjutkan dengan monorail. Begitu pula dengan yang di Bekasi.
Monorail nantinya juga akan di lengkapi dengan Wi-Fi gratis disetiap armadanya. Adhi Karya akan menggandeng perusahaan seperti PT. Telkom dan juga PT. LEN sebagai pendukung pada bagian ticketing.






No comments: